Inilah Pentingnya Membangun Database Supplier Bagi Seorang Dropshipper


calonsukses.com

Calonsukses.com,- Supplier merupakan perusahaan, agen, distributor, rekan bisnis atau siapa saja yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan ketersediaan pasokan barang maupun jasa. Dalam prakteknya, terkadang pebisnis atau pengusaha sering menolak ketika ada marketing dari perusahaan yang menawarkan produk dengan alasan sudah mempunyai pemasok sendiri. Menurut para ahli, langkah semacam itu sejatinya salah. Meski mungkin tidak butuh, namun apa salahnya menyimpan file yang ditawarkan ke dalam satu database? Mungkin, untuk saat ini penawaran tersebut belum dibutuhkan, namun siapa tahu suatu saat akan berguna.

Membuat database supplier sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan program sederhana seperti MS Word atau Excel. Atau, jika data yang ada tidak banyak, kita bisa menyimpannya di handphone atau bahkan ditulis secara manual di sebuah buku. Agar memudahkan pencarian, daftar yang ada hendaknya diurutkan menurut abjad atau digolongkan ke dalam beberapa kategori.

Mengapa membuat dan menyimpan nama, alamat, nomor telepon, alamat email maupun situs milik supplier menjadi sangat penting?

1. Agar Mendapat Pasokan Produk Tepat Waktu

Tujuan dari penyimpanan data supplier adalah untuk memudahkan kita di dalam mendapatkan produk yang kita butuhkan. Semakin banyak data supplier, distributor, agen dan rekanan yang kita simpan, maka akan semakin banyak alternatif yang kita miliki untuk bisa mendapatkan pasokan produk. Jadi, jika ternyata suatu saat barang yang kita butuhkan kosong di satu supplier, kita bisa mencoba untuk mendapatkannya dari pemasok lain tanpa harus menunggu lebih lama. Ini sangatlah penting karena secara langsung menentukan kelancaran kita dalam berbisnis. Jika barang dagangan atau stock kita habis, tentunya proses operasional perusahaan juga tersendat sehingga akan menimbulkan kerugian.
calonsukses.com

2. Mendapat Harga Terbaik

Manfaat lain dari memiliki banyak supplier adalah sebagai bahan pembanding dari produk yang ditawarkan untuk jenis komoditi yang sama, terutama yang berkaitan dengan harga, kualitas serta pelayanan. Dengan begitu, kita bisa memilih barang dengan merk dan kualitas sama tapi mungkin dengan harga yang lebih murah.

calonsukses.com

3. Melengkapi Produk

Kelengkapan produk yang kita jual merupakan salah satu alasan mengapa pembeli memilih datang ke tempat kita. Dengan menyedihkan banyak produk, maka konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan maupun budget yang mereka miliki.Kelengkapan produk yang kita jual tidak mungkin dipasok oleh hanya satu supplier,terkecuali jika jenis usaha kita telah terikat kontrak dengan perusahaan tertentu yang memang tidak mengizinkan kita untuk memasarkan produk dengan merk lain. Dalam hal ini, solusi yang paling tepat adalah dengan memesan dari banyak pemasok.

4. Demi Mendapat Supplier Terbaik

Banyak distributor atau supplier yang menawarkan berbagai sistem pemesanan dan pembayaran dengan tujuan untuk menggaet lebih banyak customer. Dengan memiliki database, maka kita bisa mencari dan menemukan supplier mana yang menggunakan sistem pembayaran paling menguntungkan bagi kita. Kita juga tidak perlu bingung apabila salah satu supplier menghentikan pasokan barang kepada kita karena kita sudah memiliki banyak pilihan alternatif supplier yang ada di dalam database.

calonsukses.com


0 Response to "Inilah Pentingnya Membangun Database Supplier Bagi Seorang Dropshipper"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel